Pelayanan Izin Terpadu Online (Pinto) Kab. Aceh Besar
CPNS di DPMPTSP Aceh Besar ciptakan Brosur Alur pada OSS
"Sebagai Produk Aktualisasi Latsar Angkatan V Tahun 2019"


Kemudahan berusaha dalam berbagai skala turut didorong Pemerintah dengan reformasi struktural, termasuk dengan reformasi sistem perizinan yang dapat dilakukan secara online melalui sistem Online Single Submission (OSS) yang dapat diakses di www.oss.go.id.

Pemerintah sudah menjalankan Online Single Submission (OSS) sebagai sistem yang mengintegrasikan seluruh pelayanan perizinan berusaha yang menjadi kewenangan Menteri/Pimpinan Lembaga, Gubernur, atau Bupati/Walikota yang dilakukan secara elektronik. Melalui reformasi sistem perizinan, pemerintah  mendorong standardisasi menjadikan birokrasi perizinan di tingkat pusat dan daerah lebih mudah, lebih cepat, dan juga lebih terintegrasi.

Penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Online Single Submission (OSS) diharapkan efektif mengurangi birokrasi dan mempermudah para pelaku usaha. DPMPTSP Aceh Besar menjadi yang pertama di Aceh dalam menerapkan OSS untuk memproses perizinan berusaha. Hal tersebut sesuai dengan terbitnya Nomor Induk Berusaha (NIB) pertama pada sistem OSS (Online Single Submission) yang bertanggal 19 Juli 2018.

Penerapan OSS  dibantu dengan beberapa sarana dan prasarana salah satunya adalah media brosur. Dengan adanya brosur diharapkan dapat mempermudah pelaku usaha dalam proses pengisian data usaha melalui sistem OSS sehingga pelaku usaha atau pemohon tidak membutuhkan pihak ketiga untuk membantu mereka dalam proses pengajuan permohonannya.

Lihat berita lainnya...