Pelayanan Izin Terpadu Online (Pinto) Kab. Aceh Besar
Setahun Penerapan OSS di DPMPTSP Aceh Besar
"Telah Terbit 1.126 NIB"


Kota Jantho (30/7) - Sejak diundangkannya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Eletronik pada juni 2018, DPMPTSP Aceh Besar menjadi yang pertama di Aceh dalam menerapkan OSS untuk memproses perizinan berusaha. Hal tersebut sesuai dengan terbitnya Nomor Induk Berusaha (NIB) pertama pada sistem OSS yang bertanggal 19 Juli 2018 a.n. PT MERAPI UTAMA PHARMA. Selama kurang lebih 1 tahun penerapan OSS, hingga hari ini (30/7 - red) tercatat telah terbit 1.126 NIB dan ratusan izin usaha yang telah berlaku efektif di wilayah Aceh Besar.


"Awal mula penerapan pada Juli 2018, memang para pelaku usaha "kebingungan" dengan sistem OSS. Namun, setelah petugas kami menjelaskan tentang aturan yang baru ini dan memfasilitasi mereka saat menginput data, mereka bisa menerima. Dan kami juga telah mengadakan sosialiasi untuk penerapan OSS ini pada Bulan November 2018 di Hotel Pade Aceh Besar. Dalam acara tersebut kami mengundang perwakilan pelaku usaha dari setiap kecamatan, koperasi, perbankan, dan organisasi kemasyarakatan." pungkas  Kepala DPMPTSP Aceh Besar, Drs. Sulaimi, M.Si.


Sebelum adanya OSS ini, DPMPTSP Aceh Besar juga telah memiliki aplikasi perizinan sendiri yang bernama PINTO (www.ptsp.acehbesarkab.go.id) yang telah digunakan sejak Tahun 2012 dan telah memproses ribuan perizinan kepada pelaku usaha. Kemudian setelah diterapkan OSS pada saat ini, aplikasi PINTO juga tetap digunakan untuk memproses perizinan selain perizinan berusaha yang tercantum di PP No 24 Tahun 2018. (ird)

Lihat berita lainnya...